Minggu, 24 Maret 2019

MARKETING PR DAN MICE


MARKETING PR DAN MICE



Hai semua pada pertemuan kali ini aku mau bahas ni tentang apa itu marketing PR dan Mice apa sihh mice? okee kita bakalan bahass yaa di dalam blog aku kali inii. kalian masih ingat kan? tentang dasar dasar pr?  nah tapi kali ini aku mai bahas tentang marketing PR nya yo kita bahas dibawah yahh dan jangann prrnah bosan untuk membaca :)

Dalam dekade terakhir. PR telah menjadi lebih ilmiah dari sekadar seni. Ia menjadi sebuah disiplin sophistik marketinf dengan desain program yang didasari oleh riset yang solid dan dapat menunjukkan indikator keberhasilan.Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015, industri meeting, incentives, conference, dan events (MICE) di Indonesia terus mempersiapkan diri. Hal itu dilakukan pula oleh PT Tamam Wahana yang menaungi brand MICE Biz seperti Upperroom dan The Kasablanka. Dikatakan Jim Tehusijarana, Direktur MICE Biz, “Menghadapi persaingan di tingkat global, industri ini perlu untuk ditingkatkan terutama dalam hal infrastruktur,” sebutnya kepada MIX Marcomm.jumlah kegiatan MICE selama 2013 tercatat sekitar 106 event, yang diikuti sedikitnya 282 ribu orang dan menghasilkan Rp 19,9 triliun serta turut berkontribusi terhadap terciptanya 262 ribu lapangan pekerjaan. Potensi yang besar di Industri tersebut, melatari Jim dalam menangkap market yang terus berkembang. Ia mengatakan, sejak tahun 2007 MICE Biz konsisten melakukan direct selling untuk meraih pasar yang ia namakan dengan gerilya marketing. “Strategi itu tentu saja dilakukan untuk menghadapi kompetisi dan kompetitor yang memang memiliki nama besar (brand-red), sehingga kami perlu untuk ketok pintu satu – satu,” imbuhnya.


MICE, akronim bahasa Inggris dari "Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition" (Indonesia: Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran), dalam industri pariwisata atau pameran, adalah suatu jenis kegiatan pariwisata di mana suatu kelompok besar, biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu. Akhir-akhir ini telah suatu kecenderungan pada para pelaku pasar pariwisata untuk mengganti istilah ini menjadi " The Meetings Industry". Dunia MICE adalah dunia yang belum terjamah dengan baik di Indonesia. .


Perkembangan MICE di Bali sudah mencapai hasil yang cukup menggembirakan. Adanya elemen-elemen pariwisata terkait seperti Dinas Pariwisata yang juga bekerjasama dengan Bali Hotels Association, INCCA (Indonesia Congress & Convention Association), ASITA, Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), dan institusi serupa membuat Bali sebagai tujuan MICE di dunia selanjutnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya event dunia yang diselenggarakan di Bali seperti UNFCC dan Bali Asian Beach Games yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Disamping itu, perkembangan MICE di Bali telah menjamah sektor perhotelah di Bali, dimana hampir semua hotel berbintang 5 di Bali memiliki fasilitas standar meeting seperti meeting venue, dan departemen yang mengatur berlangsungnya kegiatan MICE di hotel tersebut. Biasanya MICE di organiser oleh Banquette Department.
Mice sebagai suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan sekelompok orang secara bersama-sama, rangkaian kegiatannya dalam bentuk meetings, incentive travels, conventions, congresses, conference dan exhibition.

Bentuk Mice :
1. Meeting
Meeting adalah istilah bahasa inggris yang berarti rapat, pertemuan atau persidangan. Meeting merupakan suatu kegiatan yang termasuk di dalam MICE.
2. Incentive
Undang-undang No.9 tahun 1990 yang dikutip oleh Pendit (1999:27), Menjelaskan bahwa perjalanan insentive merupakan suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan.
3. Conference
Menurut (Pendit,1999:29), Istilah conference diterjemahkan dengan konferensi dalam bahasa Indonesia yang mengandung pengertian sama.
Dalam prakteknya, arti meeting sama saja dengan conference, maka secara teknis akronim mice sesungguhnya adalah istilah yang memudahkan orang mengingatnya bahwa kegiatan-kegiatan yang dimaksud sebagai perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan sebuah meeting, incentive, conference dan exhibition hakekatnya merupakan sarana yang sekaligus adalah produk paket-paket wisata yang siap dipasarkan.
4. Exhibition
Exhibition berarti pameran, dalam kaitannya dengan industri pariwisata, pameran termasuk dalam bisnis wisata konvensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar