Pada pembahasan selanjutnya ini masih seputaran PR dan kali ini aku akan membahas manajemn PR apa itu? Mari kita simak dalam blog aku yang kedua ini yahh
MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS
Yang dimaksud dengan manajemen pr ialah proses melakukan penelitian, perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kegiatan komunikasi yang diprakarsai oleh sebuah organisasi.manajemen komunikasi antara sebuah organisasi dan publiknya.
· Manajemen – merupakan inti pengetahuan tentang bagaimana melakukan koordinasi terbaik dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk mencapai efektifitas.
· Komunikasi – public relations tidak hanya proses pengiriman pesan kepada penerima pesan tetapi juga pengertian terhadap pesan pihak lain melalui cara mendengarkan dan dialog.
· Organisasi – merupakan kumpulan beberapa kelompok yang terorganisasi yang memiliki tujuan yang sama, misalnya bisnis , perusahaan, pemerintahan atau kelompok nirlaba.
· Publik – merupakan kumpulan beberapa kelompok yang terikat dengan minat yang sama.
Model Manajemen Publik Relations
Keempat model dasarPublik Relations tersebut adalah model publisitas atau agen pers, model informasiPublic Relations, model persuasif asimetris, dan model simetris dua arah sebagai berikut:
· Model publisitas atau agen pers – Model ini menggunakan persuasi dan manipulasi untuk mempengaruhi khalayak untuk memiliki kesan yang sama dengan organisasi dan umumnya para praktisi Publik Relations berperan sebagai jurnalis intern.
· Model informasi publik – Model ini menggunakan press release dan cara-cara lain yang bersifat teknik komunikasi satu arah untuk mendistribusikan informasi tentang organisasi.
· Model asimetris dua arah – Model ini menggunakan persuasi dan manipulasi untuk mempengaruhi khalayak untuk memiliki kesan yang sama dengan organisasi. Tidak diperlukan penelitian untuk untuk menemukan apa yang dirasakan oleh karyawan atau klien terhadap organisasi.
· Model simetris dua arah – Model ini menggunakan komunikasi untuk bernegosiasi dengan publik, memecahkan masalah, dan untuk mempromosikan pengertian bersama dan rasa hormat antara organisasi dengan karyawan atau klien (Marsh dalam Eadie, 2009 : 717-718)
ManajemenPR (humas) dapat dikatakan sebagai penerapan fungsi fungsi manajemen(perencanaan, pengorganisasian, penstaffan, pemimpinan dan evaluasi) dalam kegiatan-kegiatan humas. Manajemen humas berarti melakukan penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap berbagai kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi. Betuk kegiatan komunikasi bisa berupa kegiatan kecil sampai pada kegiatan yang sangat komplek seperti konferensi pers dengan menggunakan satelit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar